Senin, 10 Agustus 2020

Diklat Penggerak GLN Gareulis Jabar 2020

Oleh: Iwan Sumantri (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)


Cibadak, Senin 27 Juli 2020. Selepas dari dua kegiatan Diklat Online yang menguras tenaga, waktu dan pikiran, berikut guru Ataya mencoba berbagi sesuatu yang bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam literasi bagi seorang guru khususnya, umumnya untuk semua yang peduli akan dunia pendidikan yang berhubungan dengan literasi.

Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Jabar adalah sebuah Program Gerakan Literasi Nasional yang mengkolaborasikan implementasi Gerakan literasi di sekolah (GLS), masyarakat (GLM), dan keluarga (GLK). Diprakarsai oleh Instruktur dan Fasilitator GLN Literasi Baca –Tulis Tingkat Regional Jawa Barat dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Balai Bahasa Jawa Barat.

Diklat GLN Gareulis Jabar 2020 dilaksanakan secara daring selama dua hari , Sabtu s,d, Minggu/ 25 s.d.26 Juli 2020, dengan memanfaatkan Aplikasi Zoom, guru Ataya menjadi salah satu peserta dalam diklat tersebutDiklat tersebut diikuti sekitar 400 peserta dari 27 kota kabupaten yang mewakili pengurus penggerak literasi kota kbupaten yang ada di Jawa Barat. Jumlah pembelajaran pada diklat tersebut 32 JP. Selain kehadiran secara virtual pada diklat itu juga ditambah tugas-tugas yang harus dilaporkan kepada panitia melalui link yang telah ditentukan.
Berikut para pemateri Diklat Penggerak GLN Gareulis Jabar 2020 yang hebat dan luar biasa dalam memaparkan dan menyampaikan materinya, sehingga para peserta tak mau beranjak dari zoom meetingnya, sejak pukul 07.30 s.d. 16.00.




Tantangan bagi para peserta untuk mendapatkan Sertifikat 32 Jam dan KTA adalah tugas yang harus dibuat PESERTA DIKLAT PENGGERAK:

A. Disampaikan saat materi Pak Umar :
Tugas membuat Perencanaan/Rencana Aksi Penggerak
Form rencana aksi akan dibagikan lewat koordinator kota/kabupaten

B. Disampaikan saat materi Pak Sarip
Tugas buat karya :
1. Puisi
2. Pantun
3. Haiku

C. Disampaikan saat materi kang Enchon, pilih salah satu membuat :
1. Artikel
2. Opini
3. Liputan
4. Future
5. Resensi buku
6. Base Practice

D. Disampaikan saat materi Pak Yoyo

Tugas membuat 1 tulisan bebas berdasarkan rubrik yang ada di MGG.
Kirim via link yang diterima para peserta diklat. Batas pembuatan tugas 1 minggu, 3 Agustus 2020.



Pengiriman sertifikat (digital) dan KTA (lewat koordinator), dilakukan setelah tanggal 3 Agustus 2020 secara serempak.

Berikut apa itu GLN Gareulis Jabar 2020 itu?



Data calon peserta yang akan mendapatkan sertifikat dan KTA setelah menyelesaikan tugas, di dalamnya ada nama guru Ataya (Iwan Sumantri), semoga ini bisa keluar dan diterima pada waktunya oleh guru Ataya.




Semoga diklat penggerak yang di ikuti guru Ataya ini, bisa benar-benar  menggerakkan hati ibu dan bapak guru serta para siswa secara ikhlas untuk mendukung program ini.

Majalah Geliat Gemiliang Yang Jadi Bahan Bacaan Wajib Para Peserta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar