Selasa, 01 September 2020

CINTA LITERASI


Cinta Literasi...😘

Melihat keempat foto di bawah....kiriman dari temen facebook, haturnuhun....ibu Yanti Theaa dan nces Ani Mulyani...

Sejenak, merenung....tentang habit atau kebiasaan. Gadis kecil, balita ini sudah diperkenalkan buku. Walau masih belum bisa membaca setidaknya sudah mulai pada tahap pembiasaan literasi membaca sejak dini. Semoga ala bisa karena biasa kelak balita cantik ini semakin cinta membaca menjadi anak dan siswi yang literat menuju generasi penerus bangsa yang berbudaya literasi. 


Berbicara literasi, memang bukan hal yang mudah mengingat sekarang sudah masuk era digital walaupun semua tak luput juga dari bacaan. Membaca status WA, juga menulis status WA dan fb, IG atau telegram mungkin sudah membudaya. Namun untuk buku ataupun e-book mungkin belum begitu banyak yang melakukannya. Hanya orang-orang tertentu seperti para pelajar, mahasiswa, ataupun guru dan dosen yang mempunyai kepentingan akademisnya. Untuk masyarakat luas masih jarang membaca buku. Bahkan pelajar pun lebih banyak yang suka tiktokan, atau lihat vidio film dan musik dibandingkan dengan kegiatan membaca.

Literasi membaca memang harus dilakukan oleh keluarga terutama ibu juga ayah. Seperti gadis kecil cantik ini ayah bundanya sudah rela membelikan buku-buku untuk diperkenalkan sejak balita pada buah hati tercintanya.

Hingga suatu saat jika sudah usia lanjut akan tetap cinta membaca seperti foto bapak pedagang masker yang mengisi waktu sambil menunggu dagangannya dengan membaca koran. Menurut sahabat saya, itu hal yang langka mengingat di antara banyak orang yang berjualan dan beraktivitas di sekitarnya, hanya bapak itu lah yang senantiasa terlihat membaca, yang lain lebih memilih berkomunikasi mengobrol ria sambil minum kopi atau mungkin sibuk dengan gadgetnya masing-masing.

Kebiasaan adakalanya karena terbiasa atau terpaksa dan dipaksakan. Apa pun itu, marilah kita bahu-membahu untuk menjadikan pribadi yang literat, menuju masyarakat yang literat untuk mewujudkan bangsa yang literat.

Hingga merasakan

Literasi selalu di hati

Di hatiku

Di hatimu

Di hati kita...

Salam literasi...👆

Sri Wahyu Kurniawati,M.Pd

(Warungkiara, 01 September 2020 : 21.15)

1 komentar:

  1. contoh yang baik nih.. sejak batita sudah dibelikan buku bantal atau buku kain..

    BalasHapus